PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

indexed
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title PERBANDINGAN RENDEMEN DAN HASIL SKRINING FITOKIMIA EKSTRAK DAUN KRATOM (Mitragyna speciosa) MENGGUNAKAN METODE MASERASI DAN REFLUKS
Edition No. 15
Call Number 582.12 ARD p
ISBN/ISSN
Author(s) ARDINI - Personal Name
Subject(s) Daun Biak-Biak
Classification 582.12
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2019
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
Biak-biak (Mitragyna speciosa) adalah tumbuhan berkhasiat obat termasuk famili Rubiaceae. Secara empiris tumbuhan kratom digunakan untuk mengatasi jerawat dan sebagai obat reumatik. Salah satu parameter yang mempengaruhi efektifitas metode ekstraksi adalah rendemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedan rendemen dan hasil skrining fitokimia daun biak-biak menggunakan metode maserasi dan refluks.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Tahapan penelitian dimulai dengan pengumpulan sampel, determinasi tumbuhan, pengolahan sampel, proses ekstraksi, penetapan rendemen dan skrining fitokimia. Metode ekstraksi yang digunakan adalah metode maserasi dan refluks. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel.
Berdasakan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode maserasi menghasilkan rendemen ekstrak daun biak-biak sebesar 21,32% ± 3,03%, sedangkan metode refluks menghasilkan rendemen sebesar 20,72% ± 0,62%. Skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak daun biak-biak baik pada metode maserasi maupun refluks mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan steroid.

Kata kunci : Daun Biak-biak, maserasi, refluks, Rendemen, skrining fitokimia
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous