PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
Link Terkait
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title PENETAPAN KADAR SIANIDA PADA BIJI KARET (Hevea brasilliensis Mull.Arg) DENGAN PEMANASAN OVEN MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-Vis
Edition No. 53
Call Number 633.8 LUM p
ISBN/ISSN
Author(s) LUMALAN ALVIYANTO SANDA - Personal Name
Subject(s)
Classification 633.8
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2019
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
Biji karet ( Hevea brasilliensis Mull.Arg ) merupakan salah satu bagian dari pohon karet yang dapat dimanfaatkan menjadi olahan makanan. Biji karet mengandung protein, lemak, serat, dan energi metabolisme yang cukup tinggi. Kendala yang ada pada biji karet adalah pada biji karet mengandung sianida yang sangat berbahaya dan beracun bila masuk ke dalam tubuh manusia. Sianida pada biji karet dapat berkurang melalui proses perendaman dan pemanasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perlakuan yang tepat dalam penurunan kadar sianida (HCN) pada biji karet.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental. Objek yang diteliti adalah penurunan kadar sianida pada biji karet dengan perbedaan lama waktu pemanasan oven setelah direndam dengan air selama 24 Jam dan pemanasan (P1 30 menit, P2 60 menit, P3 90menit. Tahap penelitian dimulai dari pengumpulan sampel, determinasi tumbuhan, uji kualitatif dan uji kuantitatif kadar awal sampel dan uji kadar biji karet setelah dilakukan perlakuan. Pengukuran kadar sianida menggunakan metode Spektrofotometri UV-Vis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan adanya penurunan kadar sianida (HCN) dengan oven pada suhu 1000C paling besar adalah 90 menit kadar penurunan sebesar 81,37 % dari kadar awal 160,26 mg/kg turun menjadi 29,85 mg/kg.
Kata kunci: biji karet (Hevea brasilliensis Mull.Arg), perandaman, sianida, oven, Spektrofotometri UV-Vis
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous