PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
Link Terkait
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title UJI TOKSISITAS AKUT EKSTRAK ETANOL DAUN PEREPAT MERAH (Sonneratia caseolaris L.) TERHADAP MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) JANTAN
Edition No. 60
Call Number 635.3 MUH u
ISBN/ISSN
Author(s) MUHAMMAD FANDRIYADIN YULIANTO SAPUTRA - Personal Name
Subject(s) Daun Perepat Merah
Classification 635.3
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2019
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
Tanaman perepat merah (Sonneratia caseolaris L.) adalah salah satu spesies tumbuhan mangrove yang bermanfaat sebagai obat. Perepat merah diketahui memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, sreroid, fenol hidrokuinon dan tanin. Flavonoid memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan antikanker sehingga mempunyai sifat toksik yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian Ektrak daun perepat merah menimbulkan gejala-gejala fisik umum sebagai tanda keracunan setelah pemberian ekstrak daun perepat merah pada mencit jantan.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental yaitu percobaan yang bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul akibat dari adanya perlakuan tertentu. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap pola searah dalam pemilihan hewan uji yaitu mencit jantan. Penelitian ini dilakukan mengenai pengujian toksisitas akut ekstrak daun perepat merah (Sonneratia caseolaris L.) dengan konsentrasi dosis bertingkat I, II, III dan IV serta tanpa ekstrak sebagai kontrol negatif. Tahapan penelitian ini meliputi pengambilan sampel, pengolahan sampel, pembuatan ekstrak daun pidada merah, ekstraksi, skrining fitokimia, pemilihan, penyiapan, perlakuan pada hewan uji dan analisis data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari 4 tingkatan dosis serta kontrol negatif Na-CMC. Timbul gejala yaitu pada pengamatan perilaku dan syaraf otot tetapi tidak pada pengamatan syaraf otonom, pernafasan, gastrointestinal, dan kulit. Nilai LD50 yang diperoleh dinyatakan dengan LD50 semu (16g/kg BB) yang termasuk dalam kategori praktis tidak toksik (>15g/kgBB).

Kata Kunci: daun perepat merah (Sonneratia caseolaris L.), toksisitas akut, LD50
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous