PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAMARINDA
REPOSITORY
Select Language

Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
Link Terkait
Visitors
Flag Counter

Statistic
Total Collection:
Title UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA PUNGGUNG MENCIT PUTIH JANTAN
Edition No. 57
Call Number 635.3 MIL u
ISBN/ISSN
Author(s) MILA YULIANDARI - Personal Name
Subject(s) Daun Ubi Jalar
Classification 635.3
Series Title
GMD Karya Tulis Ilmiah
Language Indonesia
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
Publishing Year 2019
Publishing Place Samarinda
Collation
Abstract/Notes ABSTRAK
Luka bakar adalah kerusakan jaringan yang timbul akibat kerja atau suhu yang tinggi. Daun ubi jalar diekstraksi secara maserasi dengan etanol 70%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun ubi jalar dan menentukan dosis yang efektif untuk penyembuhan luka bakar pada punggung mencit putih jantan.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental dengan objek yang diteliti adalah efektivitas ekstrak etanol daun ubi jalar terhadap penyembuhan luka bakar pada punggung mencit putih jantan. Ekstrak daun ubi jalar diperoleh dengan menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70%. Hasil ekstraksi diujikan terhadap 5 kelompok perlakuan yang berbeda yaitu kontrol +, kontrol -, konsentrasi ekstrak etanol daun ubi jalar 2,5%,5%, dan 10%. Pada penelitian ini mencit dilukai dengan menggunakan solder lempeng stainless berukuran 1 × 1 cm2 yang ujungnya dipanaskan sampai terbentuk kulit yang kemerahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun ubi jalar memiliki aktivitas terhadap proses penyembuhan luka bakar pada punggung mencit putih jantan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata AUC (Area Under Curve) pada perlakuan ekstrak daun ubi jalar dengan dosis 2,5%, 5%, dan 10% berturut-turut sebesar 7,10 cm2 hari, 7,28 cm2 hari, dan 7,40 cm2 hari. Hasil analisis One Way Anovapada tingkat signifikasi p>0,05 menunjukkan bahwa dosis efektif ekstrak etanol daun ubi jalar yaitu pada dosis 2,5%.

Kata kunci: AUC, Ekstrak etanol, Ipomoea batatas L., Luka bakar.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous